Selasa, 10 Januari 2012

Khasiat Herbal Buah Nenas

Nenas nerupakan buah yang selalu tersedia sepanjang tahun. Selain buahnya dapat di makan bisa juga diawetkan dengan cara direbus dan diberi gula, dibuat selai, sirup. Buah nenas dapat juga memberi rasa asam manis, sekaligus pengempuk daging. Daunnya yang berserat dapat dibuat benang ataupun tali. Namun di balik itu semua terkandung Khasiat Herbal Buah Nenas untuk mengobati berbagai macam penyakit, antaranya :

Cacingan : Kupas 1 buah nenas muda, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya bilas dengan air masak lalu parut. Peras dan saring hasil parutannya, lalu minumkan pada anak yang cacingan sedikit demi sedikit.

  • Keseleo, memar akibat terpukul : Kupas 1 buah nenas yang sudah masak, potong-potong lalu jus. Minum air terkumpul sekaligus.
  • Radang tenggorokan : Kupas 2 buah nenas yang telah masak, lalu cuci sampai bersih. Potong-potong lalu jus atau diparut. Selanjutnya peras menggunakan sepotong kain bersih. Minum air perasan yang terkumpul sehari 3 kali, setiap kali 1/3 bagian.
  • Peradangan di kulit, ketombe : Sediakan 1/2 buah nenas yang telah masak. Kupas kulitnya, lalu parut. Hasil Parutannya dipakai mengosok kulit yang bersisik dan mengelupas. baik di kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Lakukan sekali sehari, malam sebelum tidur. Keesokan paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari.
  • Ketombe : Sediakan 1/4 buah nenas masak. Kupas kulitnya, lalu parut, peras, dan saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam sebelum tidur. Keesokan paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.
  • Menurunkan berat badan : Kupas 1 buah nenas yang tidak terlalu matang, lalu cuci sampai bersih. Potong-potong lalu dijus atau diparut. Selanjutnya peras menggunakan sepotong kain bersih dan air perasannya langsung diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.
  • Sembelit : Kupas 3 buah nenas yang belum masak lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya jus atau parut. lalu peras. Minum air perasannya setelah makan, sehari 2 kali, masing-masing cukup 1/2 gelas.
  • Beri-beri : Kupas 2 buah nenas yang sudah masak lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya jus atau parut lalu peras. Minum air perasannya sekaligus. Sebaiknya diminum pagi atau siang hari sesudah makan.
  • Luka bakar, gatal dan bisul : Cuci daun nanas sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Balurkan pada bagian yang sakit.
  • Rasa penuh di lambung karena pencernaan terganggu : Minum jus nenas 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas (150 cc). Lakukan 1/2 jam sebelum makan.

0 komentar:

Posting Komentar

Isi Komentar dengan kata yang sopan tanpa memasukkan link di dalamnya / No Iklan.
Komentar Sebagai Nama/URL untuk memasukkan Link Web / Blog Anda.
Jika tidak mempunyai Akun, silahkan isi komentar sebagai Anonymous.